I like the rain, because when it rains there will be no one who knows that I'm crying

Sabtu, 08 Desember 2012

MY HEARTS WAS CRUSHED AGAIN

MY HEARTS WAS CRUSHED AGAIN
Untuk kesekian kalinya gue mengalami yang namanya patah hati lagi (gak sering sih, wkwkwkwk).
Gue hanya mendengar kabar bahwa ia akan menikah, tapi berhubung akhir –akhir ini gue sibuk banget, jadinya mana gue tahu kalau dia mau nikah, sampai itu mahluk masuk kuliah dan dikasih selamat sama anak – anak ahahahah (ketawa miris) dan akhirnya pas pulang, gue melihat istrinya yang cantik banget (gue aja yang sesama cewek bilang dia cantik, gimana cowok yang bilang) hati gue tambah miris .

Dulu waktu semester awal masuk kuliah, gue sama dia itu lumayan deket, lumayan ada interaksi dikelas sampai dikira pacaran sama temen – temen gue. Sampai suatu saat hingga gue merasa dia jauh banget, mungkin dia yang menjauh dan merasa gak nyaman berteman dengan gue ahahah.
“Dunia gue dan dunia loe berbeda” dia sempat nulis kata-kata itu difacebook saat dia komentar status gue yang bilang kalau gue kangen sama seseorang, udah lama gak ketemu dan gue bilang itu loe ahahah. Bego !!!!

Anyway sebenarnya gue cuman suka dan masih dalam taraf suka doang (ngerti kan? Ahahahah). Alasan gue suka ma dia, mungkin kearah kagum kali ya, secara dia itu kerja dan kuliah di dua kampus yang berbeda, ambil 2 jurusan yang beda dan menurut gue itu keren banget.  Gimana cara bagi waktunya, gue juga bingung kalau ngelihat dia grasak grusuk. Misalnya kalau ujian semester dan berbarengan, dia langsung grasak grusuk pindah dari satu kampus ke kampus lainnya, gila gue aja sampai geleng – geleng kepala.

Ya walaupun gue hingga saat dia belum nikah sudah gak begitu deket, tapi tetep aja tuh mahluk sering sms gue tanyain tentang pelajaran kuliah walaupun kita beda kelas hingga mimpi buruk gue yaitu satu kelas lagi sama dia (padahal gue udah gak sekelas lagi sama dia sejak semester 3) ahahah tambah miris gue, tiap hari melihat dia, gak tiap hari juga sih tapi tetep aja (tahukan rasanya kalau naksir temen sekelas dan si mahluk gak nyadar, walaupun loe gak bilang apa-apa, tapi bahasa tubuh loe bisa kebaca ahahahaha).

Congratulations, chukka hamida for your wedding ya mahluk.
Semoga pernikahan loe langgeng sampai kakek – nenek

Gue berdoa untuk kebaikkan loe dan istri, God Bless You..  

Sabtu, 01 Desember 2012

NEW JOB

NEW JOB
Gak berasa sudah hampir satu bulan gue bekerja di tempat yang baru, tempat yang sama sekali asing buat gue. Tempat yang gak pernah gue datangin, secara gue jarang main ke daerah kantor gue yang baru.

Pada awal gue masuk kerja kembali, setelah hampir tiga minggu jadi pengangguran yang kerjaannya hanya bangun tidur, makan, sore pergi kuliah pulang lagi terus tidur dan besokknya seperti itu diam dirumah sampai jam kuliah dimulai. Kalau ingat akan hal itu gue pasti ketawa, biasanya kerja terus tiba – tiba diam di rumah tanpa aktivitas, sumpah gak enak banget.. bahkan bokap gue malah ledekkin gue ckcck. Tapi gue merasakan HAMPA, GAK BETAH bahkan gue menangis ditempat kerja gue yang baru (Loe maunya apa sih Ris..??)

Sumpah…!!! daerah kantor gue yang baru sepi banget !!! kayak kuburan, kompleknya sepi bangettttt. Beda banget sama kantor gue yang lama yang terletak dipinggir jalan, kalau mau makan siang tinggal kabur ke Glodok sekalian jalan – jalan, cuci mata, belanja, lihat DVD keluaran terbaru tapi sekarang boro – boro, keluar komplek aja males banget hishhhhh @@@@@@

Hari pertama – tama gue menangis , like a fool. Gue menangis, gue bertanya sama Tuhan, apakah jalan yang telah gue tempuh, keputusan yang sudah gue ambil salah…? Gue terus menangis di minggu pertama, gak betah, rasanya mau pulanggggg.. secara perjalanan lebih jauh dan gue belum terbiasa dengan suasana kerja yang baru.

Senior – seniornya baik banget mau ngajarin gue, apalagi bos baru gue, sungguh amat pengertian, gue sampai bingung mesti ngapain, gue belum terbiasa dengan rutinitas baru yang gue jalanin, gue merasa hampir menyerah tapi gue bertanya lagi dalam hati, apa sih yang gue cari..??

Gue mencoba membayangkan dengan rutinitas lama gue

Aktivitas lama :
Jam 8 gue sudah nangkring di kantor, dimeja gue yang luas banget terus gue nyalain computer bahkan gue menyalahkan semua computer dan lampu – lampu di department gue (Rumah gue yang paling deket, naik motor sekitar 5 – 10 menit), Cek email yang masuk, cek mesin fax, sekalian main internet ahahah (tapi gue sekalian kerja ye hhohoh) habis itu kalau gue ngantuk (efek pulang kuliah malam + begadang kerjain tugas kuliah sampai jam 2 pagi) gue bisa tidur dikolong meja, kalau kata senior gue seperti korban multilasi kkekekeke sambil setel lagu kebangsaan SHINee, SUJU, CNBLUE dan lainnya hingga senior gue ngamuk – ngamuk karena gak ngerti sama bahasanya.

Jam 5 gue langsung kabur menuju kampus, perjalanan dengan motor memakan waktu sekitar 30-40 menit tergantung sama kemacetan di Jakarta. Kalau mau makan siang dan gak bawa bekal, biasanya gue makan siang keluar kantor ke daerah Glodok dan sekitarnya, pergi makan, jalan – jalan, cuci mata dan sekalian belanja tapi sekarang semua itu berubah 180 DERAJAT, gue sudah gak bisa melakukan hal itu

Aktivitas sekarang
Jam 8 gue sudah nangkring di kantor tapi sudah keduluan sama senior gue yang rumahnya di deket situ, gue nyalain computer dan gue langsung dikasih file – file kerjaan dia atau gak sudah menemukan file – file yang mesti gue periksa dan gue mesti cari harga, mengecek tiket penerbangan. Intinya pekerjaannya sama seperti yang dulu gue kerjain, cumannya ditempat gue yang baru tenaga dan pikirin gue bener – bener terkuras. Begitu tiba dikantor langsung kerja, gak ada yang namanya tidur lagi, main internetan, leha – leha .. sumpah gue stress dengan rutinitas yang baru, kerjaan gue kebanyakkan duduk, hishhh apalagi pas gue buka computer dan melihat folder yang isinya bejibun dan terkadang melihat tumpukkan file yang bikin kepala gue cenut – cenut, disuruh cekkin satu persatu, itu belum termasuk lihat email – email yang masuk hampir puluhan email dan loe mesti lihat (@0@)

Makan siang loe gak bisa kemana – mana karena makanan emang sudah disiapkan artinya bisa irit uang untuk beli makanan cumannya gak betah..!!! terkadang kalau gue bête, gue lihatin aja aktivitas anjingnya bos gue yang kerjaannya lihatin gue kalau gue mondar – mandir diruang makan hahah mungkin dia lihat gue seperti tumpukkan daging yang segar hohho.

Pulang gak bisa jam 5 teng langsung cabut pasti lewat 5 atau lewat 10 dan tiba dikampus hampir jam 6 yang artinya memakan waktu 1 jam dijalan, secara macet banget kota Jakarta. Dan hasilnya gue terlambat tiba dikampus dari jam biasanya gue datang. Gue gak mau korbanin kuliah karena gue sudah mendapatkan beasiswa yang sudah gue dapat hingga semester 6 dan gue juga gak mau korbanin kerjaan gue dan menghilangkan kesempatan gue dalam meniti karir.

Tapi dari sekian banyak keluh kesah gue, gue balik lagi bertanya dalam hati, apa sih yang gue cari..? apa yang gue inginkan..? Apakah gue mau tetap stuck dengan kerjaan yang lama..? gak ada peningkatan kerja..? gak ada tantangannya..? kerja yang leha – leha, santai dan gak begitu ada efeknya. Atau mau kerja yang bener – bener menguras tenaga dan pikiran tapi menambah pengetahuan serta dapat meningkatkan pengalaman serta wawasan. Kalau berprestasi bisa ditraining ke kantor pusat di luar negeri (kerjaan yang sekarang kantor pusatnya di luar negeri) jadi ritme kerjanya ya seperti kerja diluar negeri yang bener – bener kerja gak ada santai – santai bahkan bisa pulang malam.

Dengan gue pindah ketempat yang baru gue menginginkan peningkatan dalam hidup, baik keuangan, pengetahuan dan lainnya. Gaji gede pasti kerjaan juga tambah beratt, Jujur sampai detik ini kalau setiap pagi selepas bangun tidur, gue pasti nangis dulu, malas banget ke tempat kerja tapi gue kembali memikirkan tujuan gue apa sih..? dan kerjaan gue masih mending dibandingkan teman – teman gue yang lainnya, yang rumahnya di Sentul tapi kerja di daerah Sudirman atau yang rumahnya di Tangerang kerja di Jakarta gimana sama mereka..?

Dan yang membuat gue tetap bertahan karena teman – teman gue yang selalu dukung gue, keluarga gue dan SUJU, CNBLUE, SHINee specially Choi Minho.. kalian yang membuatku terus berfikir kedepan, selalu tetap semangat, disetiap pengorbanan pasti akan ada hasilnya.


ARRGGHHHHHHHHHHHHH.. ALWAYS KEEP THE FAITH, FIGHTING !!!! 

Minggu, 25 November 2012

Dear Tante Yeni

Dear Tante Yeni
Apa kabar tante disana..? Semoga tante senang berada di sisi Allah Swt.
Tante yeni, tau gak sih kalau bulan desember nanti risma akan diwisuda..? dan tau gak sih risma dapat nilai A loh untuk sidang risma dan tau gak sih dari awal buat tugas akhir, revisi tugas akhir sampai hard cover tugas akhir itu melelahkan. Tapi semuanya berhasil risma lalui dan akhirnya datang juga yang paling ditunggu diwisuda.. Risma akan diwisuda tanggal 18 December ini di JCC.
Risma bayangkan coba kita diwisuda bareng pasti seru deh, pake kebaya dan liat emak-emak kita pada ribet jadi seksi ribet. Tapi itu semua tinggal kenangan dan keinginan yang gak akan pernah bisa terwujud, karena Allah udah jemput tante saat kita duduk disemester 4 lalu.
Sedih saat melihat kelas brocasting kosong karena gak ada tante yeni lagi, lihat koridor kampus dan kantin tempat pertama kali risma liat tante yeni sedang asik makan baso, semua itu berasa kosong.
Yang paling menyedihkan adalah melihat kartu jurnalis tante yeni lengkap dengan foto tante yeni, rasanya sakit banget, sedih banget. Tapi mungkin ini yang terbaik buat tante.
 I really missing you aunty..
Rest In Peace
Sunday 25 Nov 12


Kamis, 26 Juli 2012

LAST EPISODE OF RAMADHAN

Bulan Ramadan sudah lewat, tergantikan oleh suara gema takbir yang berkumandang di Masjid, Musholla dan rumah – rumah. Akhirnya bulan Ramadan sudah benar – benar berkahir. Bulan yang penuh ridha, ampunan dan penuh pahala serta berkah.

Sejujurnya sedih harus berpisah dengan bulan ramdan. Memang harus aku akui, bulan Ramadan kali ini, aku tidak bisa berkumpul dengan keluargaku hanya untuk berbuka puasa bersama atau menunaikan sholat tarawih bersama.

Semenjak aku pindah kerja ke tempat yang baru, ditambah libur kuliah, aku tidak bisa pulang on time, malahan harus pulang larut karena sibuknya pekerjaan.

Bulan puasa kali ini amatlah berat, dimana hanya aku saja yang harus menjalankan ibadah puasa di tengah – tengah teman – temanku yang non muslim, bahkan aku harus berbuka puasa di kantor.

Teman – temanku bahkan bosku ikutan repot saat azan magrib berkumandang. Mereka ikutan sibuk mempersiapkan menu buka puasa untukku. Satu hal yang mereka takutka, yaitu takut aku pingsan karena berpuasa. Terkadang aku menahan tawa dan terharu, ternyata mereka menghawatirkan aku.

Terkadang mereka bertanya – tanya tentang agamaku, kenapa aku harus puasa..? memangnya gak lapar nahan makan dan gak haus nahan minum, dan kenapa harus membagi – bagikan uang disaat lebaran padahal aku kan belum menikah. Tradisi ini berbeda dengan kaum Chinese, dimana para gadis ataupun pemuda yang masih lajang tidak boleh membagikan angpau, malahan mereka masih dapat angpau sampai mereka menikah. Ya itulah perbedaan. Setiap perbedaan itu memiliki cirri khas masing – masing dan yang pasti perbedaan itu indah dan penuh warna.

Good bye Ramadan
I am gonna missing you

Hope can meet u on next year. Amien

Selasa, 24 Juli 2012

EPISODE GALAU KULIAH (SIDANG)


SIDANG
Ya Akhirnya semester 6 telah berlalu dan saatnya gue harus menyelesaikan Tugas Akhir, kalau untuk D3 namanya tugas akhir dan kalau untuk S1 namanya skripsi. Untungnya gue dapat pembimbing yang sama dengan temen gue, zita, ahah gak tau kenapa gue suka bareng sama tuh anak kekeke..
Anyway Tugas Akhir kali ini berat banget dibandingkan ujian – ujian yang udah pernah gue ikutin selama belajar dibangku perkuliahan. Kalau kata anak SMP dan SMA Tugas Akhir adalah ujian UAN. Dimana akan menentukan kelulusan loe selama menempuh perkuliahan, kalau D3 biasanya berlangsung selama 3 tahun.
Dari semua Team Sukses (Gue, Intan,Zita, Lenny, Andri dan Winda) semuanya ikut gelombang 1, kecuali Lenny yang ikut digelombang 2. Syarat utama untuk ikut tugas akhir, IPK min. 2.00 dan tidak ada nilai D atau E untuk semua mata kuliah, baru diijinkan untuk mendaftar tugas akhir.
Selama proses pembuatan tugas akhir, akan ada bimbingan dimana mahasiswa harus mengikutinya dan menemui dosen bimbingan di kampus yang sudah ditentukan. Berhubung kampus gue di Salemba dan kampus para dosen pembimbing di Dewi Sartika, jadi setiap hari sabtu dan hari lainnya, gue dan Zita harus datang ke Dewi Sartika bisa dibayangkan ahahaha. Ya itu semua demi kesuksesan bersama.
Bagi mahasiswa semester akhir pasti akan terfokus untuk pembuatan Tugas Akhir dan banyak dari mereka yang rela bolos untuk membuat tugas akhir, padahal mata  kuliah belum selesai. Itu hal yang gue sesalkan bukannya sok munafik atau gimana, tapi mau ngapain bolos, secara mata kuliah aja belum kelar. Dan yang paling penting turutin apa kata dosen pasti semua berjalan lancar.
Setelah beberapa kali revisi, penolakan, corat-coret sana sini, akhirnya tibalah hari penentuan dimana gue harus ikut sidang untuk penentuan akhir. Sebenarnya gue udah tahu kalau sidang untuk anak – anak PR tanggal 16 Jul, namun gue dapat info kalau anak PR kebagian sidang setelah tanggal 30 Jul, dan dengan tenangnya gue mau beristirahat sambil belajar untuk perisiapan sidang tanpa memikirkan hal itu.
Semua ketenangan itu hanya berlangsung sesaat dimana pada saat gue mencetak kartu sidang gue, diketahui gue tetap sidang tanggal 16 Jul, adoi mak,, baru bernafas lega udah diketahui kabar seperti ini bak bik buk lah gue, kacau. Zita dapat sidang tanggal 25 Jul, Andri dapat sidang tanggal 26 Juli, Winda dapat sidang tanggal 20 Juli dan Intan tidak jadi sidang periode 1, karena doi mengundurkan diri dan mendaftar untuk gelombang selanjutnya dan itu membuat kami, team sukses dapat shock theraphy. Padahal bila dilihat Tugas Akhir Intan sudah final, tinggal kurang wawancara dan dengan alasan apa, Intan mengundurkan diri, dan artinya dia harus rela dilempar ke gelombang 3.
Gelombang 1 dan 2 kalau lulus akan diwisuda bulan Desember, sementara untuk gelombang 3 akan diwisuda bulan Juni 2013. Mendengar kabar ini, lemas langsung, padahal kami sudah berjanji untuk diwisuda bersama,, tapi apa mau dikata kami harus menghormati keputusan Intan.
Tanggal 16 Jul 12 adalah penetuan untuk sidang akhir bagi gue, Semua sudah dipersiapkan dengan matang, namun gue sadari gue kurang persiapan, walau begitu dengan semangat 45 gue tetap PD untuk ikutan sidang dan bener saja pada saat sidang,, gue dibantai oleh dosen penguji dimana loe harus mempertahankan argumetasi loe tentang tugas akhir loe. Dan kesalahan terbego dan terbodoh gue, gue lupa melakukan public speaking, dimana pada saat presentasi harusnya loe berdiri, tapi malah duduk bego banget kan gue, wah habis gue dimaki dosen penguji hihih, tapi walau begitu, itu emang kesaalahan gue dan gue terima kok,, kalau gue gak lulus karena gue lupa public speaking sepertinya agak gimana gitu, secara nilai public speaking kira-kira 20% dari total keseluruhan, artinya masih ada harapan lulus ahah PD banget gue.
Tapi menurut pandangan gue semua yang sidang diatnggal 16 Juli pada belum siap dan itu diakui dan dilihat oleh dosen penguji. Anyway nasi udah jadi bubur dan loe tinggal duduk manis menunggu keputusan lulus atau tidaknya tanggal 17 SEP.
Satu pelajaran yang peting. “HARUS KALAHKAN NERVOUS DAN HARUS LAKUKAN PERSIAPAN MATANG KALAU MAU IKUT SIDANG”  jangan seperti gue ya ahaha. Bahkan para dosen gue saat gue ceritakan kebodohan gue lupa public speaking, mereka geleng-geleng dan gak percaya kalau gue bisa melakukan kesalahan bodoh, Ya elah saya kan juga manusia biasa bu.. tak luput dari kebodohan ckckck
Angka 16 sepertinya angka yang mempunyai special moment buat gue. Tanggal 16 Mei 2008 gue mulai kerja, tanggal 16 Mei 2011 Gue berhenti kerja dan tanggal 16 Juli 2012 gue ikutan sidang,, huhu semoga aja gak berarti apa- apa dan semoga gue bisa lulus dengan nilai yang diharapkan hhuhuh
 SEMANGAT !!!!


PS: Finallay gue dapat nilai A loh untuk sidang gue ahahahah. 

Minggu, 24 Juni 2012

SWC3JKT

Yuhuu, finally gue bisa menghadiri konser SHINee World Concert 3 in Jakarta dimana bertepatan dengan ulang tahun kota gue tercinta, ulang tahun Jakarta yaitu tanggal 22 Juni 2014. Gue sudah tahu dari kapan tahu kalau SHINee bakalan konser di Jakarta dan SWC3JKT adalaha last stop konser SWC3 dan do you know what.. SWC gak mampir ke SG dimana biasanya Singapore adalah negara yang rajin banget didatangi oleh konser-konser KPOP untuk wilayah South East Asia.

BUT karena terlalu sibuk dengan kerjaan yang menumpuk menjelang School Holiday dan Lebaran ditambahan juga konsetrasi gue terpecah dengan kuliah gue yang mana gue harus konsen dengan skripsi dan sidang skripsi gue. Bisa dibayangkan gimana kondisi otak, mental dan badan gue =___= , huhuhu.

Dulu gue bisa aktif di fanbase SWI tetapi berhubung gue yang tenggelam dengan kesibukan gue dan perkuliahan yang selalu dimulai tiap hari sabtu dan minggu, huftt +____+ bisa dibayangkan gak ada waktu sedikit pun gue untuk main di weekend. Jangankan main, waktu buat gue tidur aja jadi berkurang drastic..tiss.

Kegalauan akibat gak bisa nonton konser SHINee berakibat juga dengan kondisi gue dikantor, biasanya gue yang cerah dan ceria mendadak menjadi lemah, lesu dan tak bertenaga hahahaha. Bukannya gue pelit untuk nonton konser ya, apalagi konser artis kesukaan gue, masalahnya dari jaman gue D3 sampe sekarang S1 yaitu terbentok biaya. Uang gaji gue masih dibawah tiga juta dan setiap bulan harus terpotong untuk biaya kuliah secara dari dulu jaman D3 sampe sekarang S1 biaya perkuliahan gue biayai sendiri dengan hasil jerih payah gue makanya gue selalu mendahulukan kepentingan primer daripada sekunder.

Manager gue yang udah tau keanehan dan kalau sifat galau gue kumat, bukannya mendukung malah ikut mancing-mancing yang ujungnya bikin gue tambah galau akut. Tapi pada akhirnya doi malah patungan uang sama gue biar gue bisa nonton konser SHINee, dan doi udah tau kalau gue cinta mati sama SHINee. Hahaha gimana gak tau kalau wallpaper computer gue muka SHINee, disekililing computer gue foto SHINee dan Choi Minho hahahhaa. Lagipula bukan salah gue juga atau gue manja sama doi. Masalnya manager gue bilang gini

“Yaudah nanti ditambahin deh uangnya, kita fifty-fifty biar kamu bisa nonton tuh konser dan gak galau lagi”

Yaudah sebelum gue pulang kerumah, gue tagih janjinya mana and then doi kasih gue 500ribu cash karena doi tau gue mau beli tiket seharga 800ribu jadi doi nambahin 500ribu hahahhaa. Maaf ya bu tapi kan sudah janji dan janji harus ditepati. Akhirnya setelah gue mendapatkan uangnya, gue langsung ngacir pulang dan janjian dengan teman gue lainnya.

Waktu itu konser SHINe Wold 3 Jakarta diadakan tepat pada saat ulang tahun Jakarta, 22 Juni 2014 di Mata Elang International Stadium (MEIS). Konsernya sendiri mulai pukul 7 Malam. Tapi seperti biasa, dimana selalu diadakan konser artis KPOP, biasanya para fans akan berkumpul dari pagi hari, bahkan sejak subuh dan ada yang mengindap di kawasan Ancol. Ckckc.. gue sih ngefans tapi gak sampe segitunya juga kali.

Gue inget banget, saat itu gue janjian dengan teman gue sore hari buat cao ke tkp, dan gue gak bawa motor karena takut macet, Jadinya gue ke tkp naik angkot. Tiba di lokasi tkp, benar seperti dugaan gue..ramee banget coi. Pas di Tkp gue membeli tiket dari temen gue si Ryu dengan harga yang murmer wkwkwkw. Temen temen gue yang lain membeli dengan oranglain. 

SKIP..skip ya allah tuhan itu the best concert ever..walaupun gue pegang tiket silver, tapi gue bisa nonton SHINee dari kelas Festival wkwkw, ya alloh namanya rejeki ahay..Intinya gue puas banget nonton itu konser walaupun minus si ayam alias onew karna gangguan tenggrokan dan HP Iphone gue yang nge hang..

Thanks God for the better experience..

Senin, 28 Mei 2012

KEHIDUPAN ANAK KULIAH KHUSUS BUAT PARA PEKERJA / KULIAH MALAM


Mungkin untuk yang belum merasakan kuliah akan berfikir
“wah enak ya yang udah jadi mahasiswa”
“pasti bisa ketemu cowok – cowok ganteng”
“wah gila kampusnya keren banget”

Sebagian besar akan berfikir seperti itu, namun kalau untuk kaum pekerja seperti gue dan temen – temen gue yang sebagian besar adalah para pekerja pikiran seperti itu bukanlah pikiran utama, tetapi bagaimana caranya untuk segera lulus ahahahahha.

Seperti kehidupan perkuliahan gue dimana harus segera kabur menuju kampus tercinta untuk mengikuti mata kuliah tepat pukul 5 sore. Berhubung pagi harinya gue kerja mencari nafkah untuk seonggok berlian ahahaha. Pulang kantor tepat pukul 5 sore, tapi kalau kerjaan lagi banyak banget bisa pulang telat dari jam 5 sore dan akibatnya gue harus segera kabur secepat kilat. Untuk para dosen yang berbaik hati, mereka akan membiarkan yang telat masuk, celakanya kalau loe dapat dosen yang gak bisa diajak kompromi dan gue pernah dapet dosen model kayak gini.
Batas keterlambatan hanya 30 menit, artinya loe mesti masuk kelas jam 5.30 sore, dan kalau telat dikit, kelas sudah dikunci dan otomotis loe dianggap tidak hadir mengikuti perkuliahan. Atau loe bisa masuk kelas dengan syarat merangkum bab dari modul perkuliahan yang sedang dia ajarakan hari itu, ahahah gila kan..?. Untungnya selama gue kuliah, cuman dapat 1 dosen model kayak gini, selebihnya dapat dosen yang semua pada pengertian.
Tapi itu semua gak berlaku untuk tugas – tugas yang diberikan. Bergadang, gak pulang kerumah itu adalah asam pahit kehidupan kuliah. Mau dapat nilai bagus, lumayan atau jelek itu usaha dari masing – masing mahasiswa sendiri. Bergadang hingga gak pulang kerumah udah gue pernah jalanin, kabur dari satu kampus ke kampus lain hanya untuk sekedar minta ttd dosen dan konsultasi makalah juga sudah gue lakukan.
Kalau dulu waktu sekolah SMP-SMA guru bisa dikejar hingga keruang guru dan para guru akan berbaik hati menunggu tugas loe, jangan harap dibangku kuliah loe bakalan dapat hal yang sama. Kalau dosen yang loe mau kejar sudah gak ada dikampus tempat loe kuliah, itu artinya loe harus mengejar dia kekampus lain, tempat dimana selanjutnya dia mengajar, ibaratnya kampus loe diwilayah salemba nah dosen loe itu ada di wilayah fatmawati atau bekasi, mau gak mau loe harus nguber tuh dosen dia wilayah itu. Jadi jangan kaget, menjadi mahasiswa itu gak enak atau gak seindah hayalan semata, butuh perjuangan cui kekekekekek.
Itu kehidupan biasa, nah kalau waktu ujian gimana..? untuk ujian biasanya akan dimulai tepat pukul 5 sore, paling telat pukul 5.15 sore yang artinya harus sampai dikampus tepat waktu atau loe gak boleh ikut ujian, nah ini semua tergantung pengawas ujian, ada yang baik hati dan memaklumi untuk para pekerja ada juga yang gak mau tahu ckckck.
Gimana belajarnya kalau paginya kerja dan sorenya kuliah..? semua tergantung dari masing – masing mahasiswa. Jujur saja kalau gue dan temen – temen pasti akan belajar, ya walaupun ujung-ujungnya nyontek satu sama lain ahahahha. Itu masih mending dari pada sok munafik nyontek jawaban selain punya temen dekat loe ataupun loe buka buku dibawah bangku dan yang lebih canggih, nyontek via BBM ckckckck. Untuk para mahasiswa yang sudah belajar susah payah dan melihat salah satu temannya berbuat hal seperti itu, adalah sebuah hal yang gak fair, lain halnya buat gue dan temen –temen dekat gue, kita sih cuek – cuek aja, selama gak nyontek jawaban gue dan teman – teman gue wkwkwkw.

Jadi kalau ujian, gue dan temen – temen deket gue akan membagi tugas. Misalnya si A belajar dari bab 1-3 , si B belajar dari bab 4-7 dan gue belajar untuk bab 8-10 sebuah kombinasi yang pas dan akurat.  Gue menamakan team gue adalah team sukses. Terbukti dari hasil kerja team seperti itu nilai mata kuliah akan bagus, nah kalau jelek, gak beda jauh bakal jelek semua ahahahah. Itu semua tergantung dari si A-B dan gue. Misalnya gue gak yakin dengan jawaban soal no 5, nah gue bakalan tanya ke si A dan B, walaupun itu soal adalah soal yang gue pelajari untuk bab pelajaran bagian gue. Kalau gak yakin ya udah berdasarkan feeling.
Selain itu temen deket gue sebut aja si A dan B, mereka berdua adalah pekerja tapi mereka sudah pulang dari jam 4 sore, berbeda dengan gue yang baru pulang jam 4.30 dan perjalanan bisa ditempuh setengah jam lebih. Biasanya gue akan minta si A atau si B untuk tag tempat duduk buat gue, tapi seperti biasa ada beberapa mafia yang ingin dekat – dekat dengan kelompok team sukses.
Bukannya sombong, menanggap diri kami pinter, tapi kami sebagai team sukses tidak terlalu suka dengan mahasiswa tipe itu, mendekati kami hanya pada saat ujian berharap mendapatkan jawaban, tapi kalau pas kuliah biasa gak mendekati kami, jangankan itu hanya sekedar mengobrol dengan kami saja tidak, makanya kami sebut dnegan mafia aahahahahah.

Biasanya kalau para mafia itu tidak menyadari bahwa keberadaannya tidak kami harapkan dan masih saja menyontek jawaban kami dengan tenang, pas kelar ujian kami akan menyidir habis – habisan hingga membuat mafia malu ahahah (jahat benar).


Ya itulah kehidupan kuliah yang bisa gue sharing. Tapi inti menjadi mahasiswa itu menyenangka apalagi kalau kuliahnya pagi, pasti akan lebih banyak waktu untuk berteman dengan mahasiswa jurusan lain atau mengikuti aktifitas lain, berbeda dengan mahasiswa malam yang rata – rata pekerja.

Kamis, 10 Mei 2012

EPISODE DO YOU KNOW WHO AM I..?


CALL MY NAME
Risma Hariati  adalah nama lengkap gue. Orang yang biasanya memanggil gue dengan nama ini adalah orang yang baru mengenal atau yang menanyakan nama lengkap gue dan biasanya kalau nama Risma lebih dari satu, maka nama lengkap gue akan disebutkan dan tentunya dosen gue,

Risma adalah nama panggilan untuk orang yang baru berteman dengan gue dan belum terlalu dekat atau kalau gue suka gak denger kalau mereka menyebut gue dengan memotong nama gue contohnya memanggil gue dengan sebutan Ma atau Ris, maka akan memanggil gue dengan nama ini.

Mami atau Mama atau Mom adalah nama panggilan untuk teman – teman lama gue yang sudah mengenal gue cukup lama, biasanya teman dekat, teman dari SMP dan SMA. Kalau kata temen – temen gue yang memanggil dengan panggilan itu, mereka anggap gue seperti nyokap mereka. Yang biasanya ngemong mereka dan cerewet, Waktu di SMP, nama Risma ada tiga orang, makanya teman – teman SMP memanggil gue dengan Mami. Kalau ada yang tanya nama Risma kan rada bingung secara ada tiga orang, tapi kalau tanya Risma Mami, pasti teman – teman gue sudah pada tau termasuk penjaga sekolah

Ris adalah nama panggilan gue untuk teman – teman dikalangan komunitas, misalnya di Fanbase, SHINee World Indonesia, dan teman – teman soshindo. Terkadang nama gue ditambahi menjadi Rhis biasanya yang panggil gue dengan panggilan ini anak – anak di SHINee World Indonesia.

Ma. Nama gue kan Risma dan yang manggil gue dengan menyebut Ma biasanya teman – teman kuliah gue yang dekat banget sama gue, contohnya Zita, Intan, Lenny, Winda, Asa. Tapi bisanya akan berakhir dengan pangilan Ma.. Ema..(seperti bunyi Emak) biasanya yang kurang ajar panggil gue dengan nama ini adalah Zita


Sekian penjelasan nama – nama panggilan saya, Sampai berjumpa di lain kesempatan,,

Get Married

Get Married

Gak pernah sedikit pun membayangkan kata get married. Jangankan ditanya tentang rencana pernikahan, pacar saja tidak punya, mau married sama siapa..?
Tapi nampaknya hal itu berlaku dikalangan teman – teman gue. Bahkan bulan May ini, hari sabtu-minggu dipenuhi oleh undangan pernikahan dari teman – teman gue. Disetiap undangan Nampak jelas Risma & Partners hahaha ketawa miris gue, nasib jojoba alias jomblo-jomblo bahagia yang gak punya gandengan hikss.

Bukannya gue takut untuk berpacaran, tapi apa mau dikata, sebagai wanita yang sibuk mana ada waktu untuk berpacaran. Pagi hari kerja full time dan sore hari langsung ngacir ke kampus tercinta untuk mengikuti perkuliahan dan sabtu-minggu rapat entah dimana dan entah mengurus masalah kuliah ataupun masalah komunitas dan akan berakhir pada malam hari, nah waktu pacarannya kapan? jangankan itu, waktu jatah luang hanya untuk sekedar tidur memuaskan hobi yang tertunda aja gak bisa, wanita karir susah ahahahahah.

Terkadang gue suka geleng – geleng kepala melihat teman-teman gue nikahnya cepet banget, baik yang sudah pacaran dari waktu sekolah dulu, maupun yang baru pacaran.
Seperti contoh gue punya temen deket waktu SMA dulu, dia memang sudah pacaran dan setelah lulus sekolah kurang lebih tiga bulan, dia langsung get married dengan pacarnya, dan saat ia hendak melamar pekerjaan , dia terpaksa berbohong (jaman sekarang itu agak sulit mencari kerja dikantoran untuk yang sudah menikah, apalagi yang sudah punya anak) dan setelah ia melahirkan dan ingin kembali bekerja, dia agak berat ke anak. Suaminya memang memiliki usaha sendiri, tapi apakah cukup bila hanya suami saja yang mencari kerja ?  syukur-syukur kalau suami dapat gaji lumayan, nah kalo enggak?

Yang kedua, temen gue dari SMP, dia sekarang berpacaran sudah tiga tahun, dia dan pacarnya sama-sama temen SMP gue. Si cowok ibaratnya pria sempurna (gue aja sempet naksir sama dia ahahahah) anak bontot, rajin ibadah, pinter, kerja mapan. Si cewek ini anak tunggal, kerja lumayan, pinter. Tapi dalam hubungan ini yang gue lihat melalui kacamata gue, terkadang si cewek banyak nuntut (Ya iyalah namanya juga cewek ahahhah) sementara si cowok sabaarrr banget.
Kalau lagi berantem pasti pada kabur ke gue buat cerita ckckckcck. Si cewek udah mau ngajakin get married aja, sementara si cowok belum siap. Si cowok masih terbebani dengan biaya kuliah dia dan belum siap untuk menghidupi si cewek. Sementara si cewek gak mikir panjang, maunya get married.

Dari contoh dua temen ini gue balajar. Get married itu bukanlah sebuah hal yang mudah, sulit man. Menyantukan dua buah kepala, hati yang berbeda dalam sebuah bingkai yang bernama pernikahan. Bingkai itu gak boleh goyang, retak, apalagi pecah.
Sebuah pernikahan itu dimana hanya ada aku dan dia tanpa orang lain. Kalau dipaksakan untuk segera get married tanpa sebuah persiapan yang matang, mau bagaimana nantinya..? sebagai cewek bukannya munafik, hari ini mau makan cinta..? emang dapur gak ngebul..? beli susu anak dari mana? Hal seperti itu mesti diperhatikan. Bagi seorang cowok bila sudah menikah, akan dikasih makan apa anak orang.? Masa mau numpang terus sama mertua..? hal ini mesti dipikirkan lebih matang.

Orang tua suka bilang “ Ya kalau dipikirkan seperti itu terus mau sampai kapan kamu nikah nak?” sejujurnya gue juga mau kok kalau setiap malam minggu ada yang ngapel ke rumah, ada yang antar atau jemput gue dikampus atau di kantor. Apalagi saat gue sedang asik naik motor sendirian dan tiba – tiba lewat sepasang muda-mudi didepan mata, ajiibbb, gue juga mau mas broo. Tapi apalah daya kiranya hikkzzz

Confession get married yuk mari






Jumat, 03 Februari 2012

Dear Teteh

Dear Teteh
Gak tahu kenapa jadi keingat sama teteh
Pengen banget ketemu dan ngobrol bareng lagi, untuk sekedar say hello ataupun untuk bergosip ria gaya khas perempuan, tapi risma tahu itu semua sekarang gak mungkin bisa terjadi lagi.
Gak tahu kenapa setiap inget sama teteh, pasti bawaanya mau nangis mulu, jadi sedih mulu.
Bukan tanpa sebab tapi karena risma merasa gak bisa membahagiakan teteh, membuat teteh tersenyum dan menjadi seorang adik yang baik dan buat bangga teteh.

Maaf kalau selama ini risma menjadi bisu dan bersikap tak acuh sama teteh..
Maaf kalau selama ini risma gak pernah menyapa teteh lagi..
Maaf untuk semua kelakuan buruk risma kepada teteh
Bukan berarti risma gak sayang lagi sama teteh, tapi risma merasa kita berdua memiliki dunia yang beda, dunia teteh gak bisa risma gappai.

Tapi risma akan selalu berdoa untuk kebahagiaan teteh dimana pun teteh berada.
Akan selalu memanggil teteh diawal namamu
Akan selalu mendukungmu
I am gonna missing you so badly teteh








Minggu, 15 Januari 2012

EPISODE SURAT KUCRUT

Dear Kucrut,

Gak tahu kenapa akhir – akhir ini gue jadi kepikiran tentang elo.
Mungkin karena efek sering nonton film dan baca komik yang sedih – sedih kali ya.
Gue jadi keinget lagi sama loe kucrut.

Kucrut sekarang udah benar – benar dewasa, sudah 23 tahun. 
Sudah mendapatkan apa yang loe inginkan.
Gue harap loe udah bisa bahagia bersama dengan dia.
Sudah gak ada lagi kesedihan dihati loe dan gue harap gak akan mendengar lagi cerita keluh kesah loe tentang dia, bahkan mengeluarkan airmata loe lagi buat dia.
Dan gue berharap suatu saat nanti, bisa melihat loe bersanding berdua dengan dia.
Saat itulah saat yang paling tepat buat gue untuk gak menggangu hidup loe lagi dan saat yang paling tepat untuk gue pergi meninggalkan kehidupan loe.

Kucrut
Rasa itu semua sudah berlalu, karena gue menyadari, seberapa berat gue berjuang dan berusaha menggapai loe, gue gak akan bisa menyentuh loe.
Karena tuk menggapai loe bagaikan berharap memetik bintang dilangit.

Tenang aja Kucrut, gue sudah gak ada rasa dihati buat loe (benaran, sumpah!!) bisa bernafas lega deh loe ahahhaha.
Gue hanya ingin melihat loe bahagia.
Gue gak mau loe merasakan rasa sakit yang pernah gue rasakan.
Ya mungkin loe akan berfikir gue seorang yang naïf, munafik, anything dah.
Yang pasti gue pengen banget melihat loe bahagia.

Anyway bertambahnya umur, loe harus bisa menjadi sosok yang dewasa.
Sudah gak jamannya ngambek sama pacar kalau si dia buat loe kesel.
Inget Cowok itu pemimpin dan harus tegas
Sekali lagi happy bornday day, wishing you have a bless day everytime.

God bless you

Minggu, 01 Januari 2012

Bali

Bali 25 – 27 October 2011

Finally Risma menginjakan kaki kembali di kota Denpasar, Bali. Terakhir ke Bali pada saat kelas 2 SMIP dalam rangka study tour kira-kira hampir 4 tahun ahahahahah. Kali ini pergi ke Bali berdua saja dengan Nyokap.

Harga tiket pesawat murah meriah hanya IDR 70.000 per orang untuk tiket pulang pergi. Pergi dengan first flight dan pulang ke Jakarta untuk penerbangan jam 18.00 dengan bagasi 15 kg untuk perjalanan Denpasar – Jakarta . Tiket pesawat yang telah dapat tentu saja tidak menggunakan maskapai sekelas Lion Air, Batavia atau Sriwijaya, Garuda jangan diharap ya, tetapi menggunakan low coast carrier Air Asia. My Favorite flight.

Tiket yang sudah dipesan kira – kira dari 1 tahun sebelum keberangkatan. Risma berangkat untuk tanggal 25-27 October 2011, itu tiket sudah dipesan dari bulan April 2010, lama banget kan ahahah, ya prinsip liburan Risma: buat apa jalan – jalan dengan harga mahal, kalau bisa jalan – jalan dengan harga murah alias backpacker. Bukannya pelit tapi menikmati liburan, sisa uangnya bisa buat belanja dan cari pengindapan ahahaha. Selain itu percuma Risma kerja di Travel Agent kalau gak bisa mengetahui jahe alias jalan – jalan hemat hohoho.

Mari kita mulai perjalanan.
25 Oktober 2011 Jakarta – Denpasar (Kuta, Tanah Lot, Sanur)
Tepat pukul 04.00 Pagi, setelah bangun tidur dan gak lupa sholat, sebagai seorang muslim, kalau pergi ketempat yang jauh harus berdoa dulu ahahah. Kita berdua langsung ngacir ke Airport Soekarno Hatta. Rumah Risma dibilangan Hayam Wuruk, Gajah Mada. Perjalanan ke Airport dipagi hari yang buta hanya ditempuh dalam waktu setengah jam, bandingkan kalau jalan dijam sibuk, jangan harap bisa tiba secepat itu ckckckck. Ongkos taksi kira – kira IDR 80.000 udah termasuk biaya 2x toll (IDR 5.500/tol).

Berhubung Air Asia terletak di terminal 3, taksi yang ditumpangin pun ngacir ke Terminal 3. Fyi, setelah Mandala Air bangkrut, Terminal 3 dikuasai oleh Air Asia. Air Asia adalah satu – satunya pesawat yang mempunyai terminal sendiri, Garuda saja masih nangkring di terminal 2F dan harus berbagi dengan Merpati untuk penerbangan Domestik dan terminal 2D untuk penerbangan Internasional dan harus bersaing dengan Singapore Airlines, Thai Airways dan lain – lain.
Tadinya terminal internasional untuk penerbangan Air Asia diterminal 2D tapi entah sejak kapan semua penerbangan Air Asia baik internasional maupun domestic  semua dipindahkan ke Terminal 3.

Lanjut lagi ke perjalanan, sejak bulan September 2011, Air Asia menetapkan biaya check in counter sebesar IDR 40.000 baik internasional maupun domestic, ini bukan harga airport tax tapi biaya handling ya. Kalau kita sudah melakukan check in via online tidak akan dikenakan biaya apapun dan lebih praktis. Jadi kalau belum melakukan self check in alias check in sendiri via website ataupun mobile, akan dikenakan biaya handling check in sebesar IDR 40.000 dan bayar airport tax dari Jakarta sebesar IDR 40.000.

Tips pergi dipagi hari, untuk penerbangan dometik 2 jam sebelumnya harus sudah ada di airport, telat dikit 1 jam bolehlah. Sementara penerbangan international 3 jam, ya tiba di bandara 2 jam lewat dikit boleh lah. Hal ini untuk menghindari aktivitas yang sibuk di pagi hari.
Jangan mentang – mentang penerbangan pagi akan sepi, jangan harap. Contohnya waktu kemarin pergi pada hari Selasa, hari itu penuh banget ditambah sekelompok group entah berantah yang punya banyak anggota tapi rupanya datang terlambat, dan sepertinya mereka ketinggalan pesawat (siapa suruh terlambat).

DI Terminal 3 tidak terlalu buruk, malah menurut Risma lebih bagus dari pada Terminal 1 yang sudah seperti terminal bus. Bukannya menjelekkan tapi fakta. Jauh banget dari kesan Bandara International. Di Terminal 3 dapat dijumpai gerai makanan dan minuman cepat saji, dan tak lupa ada mesin penjual minuman otomatis. Mau hot atau iced tinggal masukan uang IDR 5.000 keluar deh tuh minuman dalam kemasan cup kecil dan imut banget.

Untuk penerbangan pergi biasanya Air Asia on time. Perjalanan kurang lebih 2 jam. Entah kenapa setiap pergi bareng nyokap, pasti yang selalu excited itu si nyokap. Maklum secara nyokap belum pernah ke Bali. Bisa dibilang sejak mulai kerja, barulah nyokap pergi kemana – mana bareng Risma. Seperti pulang kampong tahun lalu ke Medan dan sekarang ke Bali. Makanya gak heran kalau Bokap dan adik  laki – lai Risma suka ngamuk – ngamuk, karena kalau jalan – jalan pasti cuman inget sama nyokap aja ahahah, ya wajarlah nyokap itu orang yang paling terpenting didalam hidup.
   
Tiba di bandara Ngurah Rai cuaca hari itu cerah banget. Berhubung hari itu gak menggunakan check bagasi dan koper yang dibawa juga enteng banget kurang dari 7kg. Maka kita berdua gak perlu ngatri  lama – lama buat ambil koper. ( untuk penerbangan Air Asia tiket yang dibeli belum termasuk bagasi,  kalau mau termasuk bagasi, untuk 15kg cukup membayar IDR 90.000/sekali jalan, kalau 20KG sekitar IDR
120.000/sekali jalan, info lebih lengkap klik aja ke http://www.airasia.com )

Berhubung hari pertama gak menggunakan jasa travel, akhirnya kita memilih naik taksi. Sistem taksi  dibandara Ngurah Rai sama seperti di Soekarno-Hatta, tidak ada taksi yang sembarangan jadi kudu  mesen dulu melalui jasa call taksi. Taksi yang terkenal dan aman adalah taksi blue bird group, bali taksi  yang bisa dipesan setelah pintu keluar kedatangan. Berhubung karena ngajak emak – emak dan udah gak  sabaran, akhirnya kita berdua naik taksi tidak melalui jalur resmi dan diketok harganya.

Dari Ngurah Rai Airport ke kawasan Poppies II Kuta, dikenakan harga IDR 90.000 (kalau naik taksi  Resmi yang meggunakan argo hanya dikenakan IDR 40.000) dan yang bikin tambah BETE karena  ulah emak yang gak sabaran + belum dapat kamar hotel, akhirnya kita berdua muter – muter  dikawasan poppies II dan ketemu hotel Sandhu Inn yang emang Risma udah searching dan tanya sama mbah google. Di losmen ini ada dua kategori kamar. Kamar tidur + kipas angin dikenakan IDR 150.000 permalam sudah termasuk sarapan pagi dengan menu roti panggang+telur+selai+tea/coffee atau indomie+telur+tea/coffee. Nah kalau kamar termasuk AC IDR 250.000/malam dengan sarapan yang sama.

Risma memilih kamar dengan kipas angin, hari itu hanya membayar untuk satu malam saja, karena kita berdua berencana untuk melihat – lihat losmen yang lain. Begitu tiba di losmen itu kita berdua menitip barang dan kebetulan kamarnya sedang dibersihkan. Tiba dilosmen jam 10.00 pagi, dan baru diperbolehkan masuk ke kamar sekitar jam 11.00. Maka kita langsung ngacir ke kawasan pantai kuta untuk melihat lihat aktivitas dan berhubung perut keroncongan akhirnya kita kabur ke mc donals untuk makan siang (jauh – jauh ke Bali, makan siang ujung – ujungnya makan mcd ahahahah).

Waktu menunjukkan pukul 10.30, kita memutuskan untuk balik ke losmen untuk beristirahat, jam 11.00 kurang udah tiba ke losmen dan udah dapat kunci kamar. Kamar dengan kipas angin memiliki fasilitas kipas angin, selimut dan handuk 2 buah + tisu gulung 1 roll masih baru, lemari pakaian dan meja. Jangan harap ada Televisi yah ahahahah.
Setelah beristiharat, Risma ngajakin sewa motor untuk jalan – jalan, dan akhirnya kita putuskan untuk mengunjungi Tanah Lot dengan menggunakan motor. Biaya sewa motor IDR 60.000 + asuransi IDR 10.000 (jadi kalau ada apa-apa sama si motor, gak perlu khawatir) harga sewa belum termasuk isi bensin ye.

Setelah dapat motor kita langsung ngacir menuju Tanah Lot tepat pukul 12.00, dimana Matahari sangat cerah banget. Perjalanan menuju Tanah Lot dari Kuta memakan waktu 1 jam dengan kecepatan 40-60km/jam. Motor yang disewa jenisnya Suzuki matic skywave. Oh ya kalau mau sewa motor, jangan lupa minta STNK motor dan bawa SIM, pengalaman dari mas – mas penyewa motor, polisi Bali gak jauh beda sama polisi Jakarta, kalau tilang suka dadakan dan denda tilangnya itu WOW (tebak sendiri ya ahahah) jadi jangan lupa bawa SIM + pakai helm. Selain itu harus hati – hati dalam menggendarai motor, secara mobil dan motor jalannya seperti Ferrari kenceng banget bow, yang harus diwaspadai selain itu adalah penggendara motor bule. Para bule kalau naik motor suka kenceng – kenceng dan seperti punya nyawa seribu, waktu kemarin naik motor kita berdua hampir di serempet bule kampret yang naik motornya kenceng banget ckckck.

Nah kalau untuk yang gak tau jalan gimana? Tenang aja kita berdua juga gak tau jalan kok, jadi cara terampuh menemukan Tanah Lot adalah dengan membaca papan petunjuk jalan dan pasti akan ketemu. Tips lain jalan menuju Tanah Lot itu sempit banget, kanan kiri persawahan dan ada beberapa tanjakan yang tinggi dan cukup terjang dimana kanan kiri adalah jurang, jadi kalau naik motor jangan terlalu kencang. Tiket masuk Tanah lot untuk 2 orang + biaya parkir motor kira – kira IDR 17.000. murah meriah.

Berhubung waktu pergi ke Bali adalah saat bulan mati, dimana gak ada bulan terlihat di langit, maka orang Bali menyebutnya dengan bulan mati. Tanah Lot hari itu cukup indah, karena air laut yang biasanya pasang, tidak terlihat jadi para pengunjung bisa berjalan menuju pura ditengah –tengah dimana terdapat mata air suci dan ular putih. (kalau air laut pasang jangan harap bisa naik ke Pura atau meilhat air suci). Kalau air laut pasang para pengunjung gak bisa melihat pura yang terletak ditengah – tengah, makanya pura itu disebut pura yang terapung, karena kalau air laut pasang, pura itu seperti pura yang terapung ditengah laut

Jalan menuju Pura Tanah Lot adalah pasar yang menjual souvenir khas bali dengan harga yang relative murah. Selain baju dan souvenir khas bali, dikawasan ini juga bisa ditemukan café – café atau supermarket dan penjual kelapa hijau dan jagung bakar mm yummy. Berhubung hari itu cukup panas, akhirnya pukul 15.00, kita berdua memutuskan untuk balik ke Kuta.

Sewa motor dengan durasi 10 jam, membuat Risma berputar otak, mencari jalan lain atau kemana lagi harus melangkah ahahah. Akhirnya setelah pergi ke Tanah Lot, perjalanan dilanjutkan ke Sanur. Sanur itu kawasan pantai juga cuman lebih tenang dibandingkan kawasan kuta yang ramai gila, apalagi kalau sudah malam, ramai banget, gak cocok untuk tempat mengindap para pelajar yang melakukan study tour (waktu SMIP dulu menginap di hotel bintang 4* dijalan hang tuah).

Perjalanan dari Tanah Lot ke Sanur memakan waktu 1 jam (kalau dari Kuta ke Sanur kira-kira 13km). DI Sanur mengunjungi Sandhu Beach, pantainya tenang bangat, gak ada ombaknya, yang terlihat hanyalah sekelompok turis asing yang sedang asyik berjemur dan anak – anak sekitar yang asyik berenang. Kurang lebih 1 jam, akhirnya gue memutuskan balik ke losmen. Biaya parkir di Sanur untuk sepeda motor IDR 2.000 dan Mobil IDR 3.000 ya gak beda jauh sama di Jakarta.


Tips lain untuk para backpackers  yang gak bisa naik motor atau mobil gimana dong..? masa mau taksi atau sewa mobil untuk rute dekat..? . Tenang di Bali tersedia jasa angkutan umum berbentuk warna biru, busnya itu seperti bus transjakarta, tetapi yang membedakan tidak adanya loket penjualan tiket di setiap halte. Kalau diBali, tiketnya dibayar saat naik ke dalam bus, sistemnya sama seperti Bus Umum. Ongkosnya murah meriah, dari Kuta ke Sanur dan beberapa rute hanya butuh mengocek dana sebesar IDR 2.500/sekali jalan. Nama Busnya lupa, tapi gampag dilihat, cari aja bus yang berwarna biru, eits tapi kalau mau naik bus ini kudu naik di halte khusus bus ini ya.

Lanjut lagi, setelah capek jalan – jalan ke Sanur, akhirnya kita memutuskan untuk pulang ke losmen, kisah lucu dimulai disini. Berhubung kita berdua buta arah, gak tahu jalan di Bali, makanya kita berdua berpatok kepada papan jalan dan di Bali itu rata – rata jalannya one way, jadi satu arah.
Pas saat tiba dikuta, dimana seharusnya arah pulang menuju pantai kuta tetapi Risma salah ambil jalan. Mungkin efek kepanasan, kecapean dan lain – lain, akhirnya kita malah muter – muter di komplek hotel berbintang 4-5. Muter – muter disitu, padahal patokan itu cuman Kuta Square, tinggal lewatin Kuta Square langsung tembus ke Pantai Kuta.

Risma sempat bilang sama nyokap “Mama ambil apaan tadi pas kita di Tanah Lot..?’’ dan nyokap bilang gak ambil apa – apa. Fyi, di Bali kalau kita mengunjungi sebuah tempat wisata, baik pantai, Pura yang diagungkan, jangan sekali – kali mengambil atau memindahkan barang – barang yang ada disitu. Karena kalau sampai berani macam – macam, akan ada kejadian yang kurang enak yang akan menimpah kita. Berati efek muter  - muter di kawasan kuta karena efek kelelahan ahahahahah.

Tak puas sudah mengunjungi pantai Kuta di Siang hari, kami berdua memutuskan untuk berhenti dikawasan pantai Kuta untuk mengunjungi Hard Rock untuk photo stop dan window shoppig ahahahahah dan menunggu sunset yang keren bangettttt.


Hari 2 Denpasar (Kintamani, Tampak Siring, Celuk, Mas, Tengalanggan, Ubud)
Next destination adalah Kintamani. Hari ini kita berdua sudah pesan sewa mobil di Travel Agent dimana dulu Risma pernah kerja, jadi bida dapat special price ahahahah. Harga sewa mobil untuk 10 jam termasuk BBM+ Supir IDR 450.000 – IDR 500.000 Tergantung jenis mobil yang disewa.

Hari mobil sewaaannya merek avansa warna hitam. Kita dijemput pukul 09.00 dan langsung ngacir ke Kintamani. Perjalanan dari Kuta – Kintamani dengan mampir – mampir dibutuhkan waktu 3 jam. Jadi sebelum ke Kintamani, kita diajak mengunjungi tempat kerajinan batik di Celuk, pengrajin emas di Mas dan foto stop di Tengalanggan yang super duber keren !!! dan lihat lukisan di Ubud.

Stop pertama itu dipengrajin Batik. Jadi disini kita bisa melihat proses pembuatan batik dari mulai pemilihan kain, pembuatan batik dengan cangking hingga proses akhir. Selain itu bisa dilihat proses pembuatan kain tenun khas Bali. Untuk harga relative terjangkau, kira – kira hampir sama dengan harga di Mall. Tapi untuk kualitas barang, lebih bagusan di Bali.

Setelah itu mengunjungi desa Celuk yang terkenal dengan pengrajin emas, silver dan perak. Ah ya untuk tambahan info, rata – rata di Bali itu menggunakan harga USD secara yang datang kebanyakkan bule, namun dibeberapa toko diterapkan dua harga. Harga International khusus untuk para wisatawan asing dan harga Domestic  untuk wisatawan local yang diskon 50% bisa membayar dengan USD atau IDR. Nah kalau membayar dengan menggunakan IDR, harga ratenya dari Toko. Ya lumayanlah diskon 50% kekeke.
Untuk harga kalau desainnya simple, untuk cincin dimulai dengan harga IDR 150.000 (harga setelah dipotong diskon) dan untuk gelang atau kalung dengan harga IDR 350.000.

Lanjut lagi ke Tenggalangan yang terkenal sebagai daerah penghasil beras. Jadi daerah ini ada suatu kawasan khusus untuk photo stop dan tempat beristirahat. Disini sumpah keren banget pemandangannya, luar negeri mah mana ada pemandangan sawah – sawah yang menghijau dengan deretan sengkeda yang begitu indah, ditambah tiupan angin yang semilir dan pohon kelapa yang ikut bergoyang, lebai ya..? kekeke tapi sumpah keren banget. Kita berdua sampai berkali – kali menyebut Subhanallah, KEREN !!!.

Perjalanan dilanjutkan ke Ubud yang memang terkenal dengan pengrajin lukisan yang ajib – ajib. Harga lukisan dimulai dari harga IDR 200.000 – sampai berjuta rupiah untu satu lukisan. Setelah mampir – mampir, akhirnya tiba di Kintamani tepat pukul 12.00. Tiket masuk Kintamani  seharga IDR 15.000/orang.

Daerah Kintamani seperti daerah Puncak. Udaranya sejuk banget dan banyak terdapat restaurant dengan rata – rata menu Buffet dengan sistem all you can eat. Harga mulai dari IDR 80.000 – IDR 250.000/orang, tergantung restaurant dan view yang dipilih. Jangan kaget dengan harga makanan yang cukup mahal, hal ini dikarenakan menu yag ditawarkan adalah menu buffet International dan domestic cuisine dan diitemani dengan pemandangan langsung menghadap danau Bratan dan gunung Batur, KEREN !!!!.

Setelah makan siang diatas gunung dan untuk makanan hari itu kita berdua menamakan makanan MAHAL ahahahahahah. Dalam arah perjalanan pulang, mampir ke perkebunan hasil pertanian dan argo wisata masyarakat setempat. Barang yang dijajakan macam – macam, hingga kopi luwak. Jadi ditempat ini kita akan diajak tour berkeliling kebun untuk melihat berbagai macam hasil argowisata hingga ketahap pembuatan kopi luwak.
Untuk Kopi Luwak selama ini banyak yang mengira kopi itu adalah hasil BAB Luwak. Pada kenyataannya itu kopi adalah kopi yang terbuat dari biji Arabica dan dikasih makan kepada Luwak.

Proses pembuatannya, pilih biji Arabica yang sudah berwarna merah, kemudian beri makan untuk si Luwak, tunggu hingga ia BAB. Setelah dikeluarkan biji kopi itu akan berwarna kecoklatan, kemudian dijemur disinar matahari, dikupas dan dimasak secara sangrai hingga kering dan tinggal ditumbuk sehingga menjadi kopi yang siap dipasarkan.

Luwak itu kalau siang aktifitasnya hanya bermalas – malasan alias tidur, nah kalau malam baru deh mulai beraktifitas. Ditempat ini, setelah mengikuti tour argowisata kita akan diberikan beberapa sample hasil kebun. Mulai dari kopi khas Bali, vanilla, cokelat dan lainnya, kira – kira sekitar 15 cangkir. Sementara untuk kopi luwak tidak diberikan sample (mungkin karena harga yang mahal, ahahahahah). Kalau mau mencoba secangkir kopi luwak , cukup mengeluarkan kocek sebesar IDR 50.000/cangkir.

Cara menikmati kopi Luwak terbaik yaitu, pertama minumlah kopi Luwak yang belum dicampur gula dan pemanis lainnya. Memang rasanya pahit super duper, tapi sangat ampuh untuk mengusir rasa kantuk dan menambah energy. Setelah itu coba meminumnya dengan dicampur gula, rasa akan beda tetapi tidak mengurasi kualitas dari kopi tersebut.

Untuk harga kopi Luwak, cukup mengeluarkan kocek IDR 400.000/60gr. Harga yang cukup baik, bila dibandingkan dengan harga kopi Luwak di Jakarta yang seharga IDR 500.000 – 650.000/60gr.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Tampak sirik dan mata air suic Tirta Empul. Seperti dijelaskan diatas, pada saat itu adalah masa bulan mati, jadi para penduduk Bali berbondong – bonding berdoa di pura dan mata air suci, termasuk di Tirta Empul yang penuh dengan upacara adat. Tips berkunjung ke Pura atau tempat mata air suci, jangan menggunakan rok atau celana pendek karena dianggap kurang sopan.
Berhubung Risma lupa dan menggunakan celana pendek, maka Risma disuruh menggunakan kain panjang dan ikat pinggang khas Bali yang sudah disesuaikan.

Hari itu Tirta Empul penuh dengan masyarakat sekitar baik yang sedang berdoa maupun yang sedang mandi di 10 mata air yang ada disitu. Jadi menurut kepercayaan masyarakat Bali, bila kita mempunyai hajat atau keinginan bisa mandi di sepuluh mata air yang ada disitu atau ingin menghapus dosa dengan cara bertobat, cukup mandi di dua mata air yang tersedia.
Nah untuk mata air dosa, apabila kita memiliki dosa atau penyakit yang ingin disembuhkan, bila terbukti benar, air itu akan berwarna keruh dan artinya dosa kita banyak banget, maka harus cepat – cepat memohon mapun kepada Tuhan.

Setelah itu kami tiba di kota Denpasar kira – kira pukul 3 sore, sebelum pulang, mampir dulu ke pusat belanja oleh – oleh Krisna yang buka 24 jam. Harga disini mummer alias murah meriah, beda tipis dengan pasar Sukawati untuk beberapa jenis barang. Untuk kaos, Krisna mendesain sendiri sama dengan Joger. Tak ada salahnya membeli oleh – oleh di Krisna, selain harga mummer, dilengkapi AC juga dilengkapi toilet yang bersih dan musholla, jadi gak ada alasan lupa sholat untuk yang beragama muslim bila sedang jalan – jalan kekekekek.

Setelah menghabiskan beberapa lembar rupiah ahahahah, akhirnya kita memutuskan untuk makan malam di daerah Denpasar. Menu makan malan itu adalah Ayam betutu Khas Gilimanuk yang ternyata mempunyai cabang di Jakarta tepatnya di Rawamangun. Harga Ayam Betutu yang ditawarkan dimulai dengan harga seperempat ayam (kira – kira satu potong dada atau paha), Setengah hingga satu full ekor ayam. Selain itu ada nasi campur khas Bali dan tentu saja sate lilit.

Harga makanan disini berbentuk paketan yang terdiri dari ayam betutu, acar khas bali, dan kangkung harga mulai IDR 20.000/Orang untuk ukuran seperempat ayam dan IDR 60.000/Orang untuk satu ekor ayam. Sementara sate lilit seharga IDR 2.000. Makanan yang enak dan murah meriah. 

Tiba di hotel pukul 19.00 yang artinya masih ada cukup waktu untuk melancong dikawasan Kuta, Legian dan sekitarnya. Setealh beritirahat dan membersihkan diri, kami berdua memutuskan untuk mengunjungi Ground Zero atau Monument Bom Bali yang terletak di Legian kawasan yang super sibuk dan rame gila.

Dikawasan ini perlu diperhatikan beberapa tips. Jangan berpakaian agak seksi, terbuka boleh, tapi jangan sampai mengubar aurat bow, hal ini akan dijadikan sasaran empuk bahan ledekan oleh pedagang sekitar dan tentunya wisatawan asing. Selain itu, berhubung banyak banget club malam, pub, café hingga minimarket tak heran bila kawasan ini paling berisik dan disukai oleh wisatawan asing, apalagi om bule – bule kekekek.

Waktu tempuh dari tempat kami mengindap hingga ke Legian bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan durasi kira – kira 15 menit. Letak tugu memori bom Bali adalah tempat berdirinya Paddys Club yang hancur dibom dahulu kala. Kalau malam pagar tugu memori ini ditutup, jadi fotonya gak bisa masuk sampai kedinding tugu yang dipenuhi oleh nama – nama korban bom Bali. Jadi kita berdua foto hanya dipelatarannya saja. Nah kalau berkunjung ketempat ini pada pagi hari hingga sore, pintu pagar dibuka, sehingga bisa merapat hingga ke dinding tugu tersebut.

Setelah mengunjungi tugu peringatan, waktunya beristirahat.

Hari 3 Denpasar – Jakarta (Sukawati)
Hari terakhir liburan di Bali. Entah kenapa setiap liburan waktu sangat singkat, bila dibandingkan dengan hari kerja dan kuliah ahahahah. Berhubung hari itu pesawat yang akan membawa kami ke Jakarta pukul 18.00. Akhirnya diputuskan untuk mengunjungi pasar Sukawati untuk berburu oleh – oleh.

Niat awal sebelum check out mau lihat sunrise di Pantai Kuta, tetapi malah telat bangun ahahaha, akhirnya tetap pergi ke pantai Kuta tepat pukul 7 pagi, Risma membawa nyokap untuk melihat Pantai Kuta untuk yang terakhr kalinya. Tujuan utama main air dipantai dan cuci mata ahahahaha.

Pukul 12.00 mobil jemputan sudah nangkring, akhirnya perjalanan lanjut ke Pasar Sukawati untuk berburu oleh – oleh. Ada untungnya pergi membawa nyokap, bisa diajak menawar harga. Sampai – sampai para pedagang geleng – geleng kepala akibat ulah nyokap yang nawar harga miring bener ahahah. Jangankan harga barang buat oleh – oleh, harga sewa mobil dihari terakhir aja ditawar hingga di supir yang merangkap sebagai guide geleng – geleng kepala ahahahah.

Harga sewa mobil untuk jalan – jalan di Pasar Sukawati hingga transfer out (diantar ke bandara) didapat dengan harga IDR 200.000 dengan proses tawar menawar yang dilakukan Nyokap, dimana harga normal untuk sekali antar atau jemput ke bandara IDR 150.000/mobil, bisa dibilang emak emang hebat !!!.

Tips belanja di Sukawati yang dilakukan nyokap adalah dengan menawar harga hingga 70% dari harga yang ditawarkan sehingga mentok – mentok bisa dapat 60-50% dari harga yang penjual tawarkan. Harga di pasar Sukawati adalah harga termurah untuk berbelanja souvenir, tentunya selain berbelanja di Krisna. Tips selanjutnya jangan langsung nafsu untuk membeli barang disatu tempat, alangkah lebih baik dan afdol bila berkeliling beberapa toko sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu barang yang diinginkan.

Tepat didepan pasar Sukawati ada warung baso yang enak banget, 1 porsi baso ikan dengan ukuran sedang hanya cukup mengeluarkan dana sebesar IDR 10.000 dan 1 porsi soto ayam + nasi sebesar IDR 15.000/porsi.

Setelah puas berbelanja akhirnya tiba waktunya pulang ke Jakarta, walaupun semua peswat delay dikarenakan cuaca yang kurang bagus. Alhamdulilah dan puji Tuhan kita berdua selamat tiba di Jakarta pada pukul 20.00 dimana seharusnya tiba pukul 18.00.

Liburan yang cukup singkat dan dipenuhi oleh berbagai macam memori, mulai dari digetok harga taksi, ribetnya cari pengindapan, panas – panasan naik motor ke Tanah Lot, kesasar di Kuta, jalan malam di Legian dan Kuta, menikmati sunset di paati Kuta hingga berburu barang – barang.

Bali I will coming again and will make many memories in here…!!!!