I like the rain, because when it rains there will be no one who knows that I'm crying

Senin, 28 Mei 2012

KEHIDUPAN ANAK KULIAH KHUSUS BUAT PARA PEKERJA / KULIAH MALAM


Mungkin untuk yang belum merasakan kuliah akan berfikir
“wah enak ya yang udah jadi mahasiswa”
“pasti bisa ketemu cowok – cowok ganteng”
“wah gila kampusnya keren banget”

Sebagian besar akan berfikir seperti itu, namun kalau untuk kaum pekerja seperti gue dan temen – temen gue yang sebagian besar adalah para pekerja pikiran seperti itu bukanlah pikiran utama, tetapi bagaimana caranya untuk segera lulus ahahahahha.

Seperti kehidupan perkuliahan gue dimana harus segera kabur menuju kampus tercinta untuk mengikuti mata kuliah tepat pukul 5 sore. Berhubung pagi harinya gue kerja mencari nafkah untuk seonggok berlian ahahaha. Pulang kantor tepat pukul 5 sore, tapi kalau kerjaan lagi banyak banget bisa pulang telat dari jam 5 sore dan akibatnya gue harus segera kabur secepat kilat. Untuk para dosen yang berbaik hati, mereka akan membiarkan yang telat masuk, celakanya kalau loe dapat dosen yang gak bisa diajak kompromi dan gue pernah dapet dosen model kayak gini.
Batas keterlambatan hanya 30 menit, artinya loe mesti masuk kelas jam 5.30 sore, dan kalau telat dikit, kelas sudah dikunci dan otomotis loe dianggap tidak hadir mengikuti perkuliahan. Atau loe bisa masuk kelas dengan syarat merangkum bab dari modul perkuliahan yang sedang dia ajarakan hari itu, ahahah gila kan..?. Untungnya selama gue kuliah, cuman dapat 1 dosen model kayak gini, selebihnya dapat dosen yang semua pada pengertian.
Tapi itu semua gak berlaku untuk tugas – tugas yang diberikan. Bergadang, gak pulang kerumah itu adalah asam pahit kehidupan kuliah. Mau dapat nilai bagus, lumayan atau jelek itu usaha dari masing – masing mahasiswa sendiri. Bergadang hingga gak pulang kerumah udah gue pernah jalanin, kabur dari satu kampus ke kampus lain hanya untuk sekedar minta ttd dosen dan konsultasi makalah juga sudah gue lakukan.
Kalau dulu waktu sekolah SMP-SMA guru bisa dikejar hingga keruang guru dan para guru akan berbaik hati menunggu tugas loe, jangan harap dibangku kuliah loe bakalan dapat hal yang sama. Kalau dosen yang loe mau kejar sudah gak ada dikampus tempat loe kuliah, itu artinya loe harus mengejar dia kekampus lain, tempat dimana selanjutnya dia mengajar, ibaratnya kampus loe diwilayah salemba nah dosen loe itu ada di wilayah fatmawati atau bekasi, mau gak mau loe harus nguber tuh dosen dia wilayah itu. Jadi jangan kaget, menjadi mahasiswa itu gak enak atau gak seindah hayalan semata, butuh perjuangan cui kekekekekek.
Itu kehidupan biasa, nah kalau waktu ujian gimana..? untuk ujian biasanya akan dimulai tepat pukul 5 sore, paling telat pukul 5.15 sore yang artinya harus sampai dikampus tepat waktu atau loe gak boleh ikut ujian, nah ini semua tergantung pengawas ujian, ada yang baik hati dan memaklumi untuk para pekerja ada juga yang gak mau tahu ckckck.
Gimana belajarnya kalau paginya kerja dan sorenya kuliah..? semua tergantung dari masing – masing mahasiswa. Jujur saja kalau gue dan temen – temen pasti akan belajar, ya walaupun ujung-ujungnya nyontek satu sama lain ahahahha. Itu masih mending dari pada sok munafik nyontek jawaban selain punya temen dekat loe ataupun loe buka buku dibawah bangku dan yang lebih canggih, nyontek via BBM ckckckck. Untuk para mahasiswa yang sudah belajar susah payah dan melihat salah satu temannya berbuat hal seperti itu, adalah sebuah hal yang gak fair, lain halnya buat gue dan temen –temen dekat gue, kita sih cuek – cuek aja, selama gak nyontek jawaban gue dan teman – teman gue wkwkwkw.

Jadi kalau ujian, gue dan temen – temen deket gue akan membagi tugas. Misalnya si A belajar dari bab 1-3 , si B belajar dari bab 4-7 dan gue belajar untuk bab 8-10 sebuah kombinasi yang pas dan akurat.  Gue menamakan team gue adalah team sukses. Terbukti dari hasil kerja team seperti itu nilai mata kuliah akan bagus, nah kalau jelek, gak beda jauh bakal jelek semua ahahahah. Itu semua tergantung dari si A-B dan gue. Misalnya gue gak yakin dengan jawaban soal no 5, nah gue bakalan tanya ke si A dan B, walaupun itu soal adalah soal yang gue pelajari untuk bab pelajaran bagian gue. Kalau gak yakin ya udah berdasarkan feeling.
Selain itu temen deket gue sebut aja si A dan B, mereka berdua adalah pekerja tapi mereka sudah pulang dari jam 4 sore, berbeda dengan gue yang baru pulang jam 4.30 dan perjalanan bisa ditempuh setengah jam lebih. Biasanya gue akan minta si A atau si B untuk tag tempat duduk buat gue, tapi seperti biasa ada beberapa mafia yang ingin dekat – dekat dengan kelompok team sukses.
Bukannya sombong, menanggap diri kami pinter, tapi kami sebagai team sukses tidak terlalu suka dengan mahasiswa tipe itu, mendekati kami hanya pada saat ujian berharap mendapatkan jawaban, tapi kalau pas kuliah biasa gak mendekati kami, jangankan itu hanya sekedar mengobrol dengan kami saja tidak, makanya kami sebut dnegan mafia aahahahahah.

Biasanya kalau para mafia itu tidak menyadari bahwa keberadaannya tidak kami harapkan dan masih saja menyontek jawaban kami dengan tenang, pas kelar ujian kami akan menyidir habis – habisan hingga membuat mafia malu ahahah (jahat benar).


Ya itulah kehidupan kuliah yang bisa gue sharing. Tapi inti menjadi mahasiswa itu menyenangka apalagi kalau kuliahnya pagi, pasti akan lebih banyak waktu untuk berteman dengan mahasiswa jurusan lain atau mengikuti aktifitas lain, berbeda dengan mahasiswa malam yang rata – rata pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar