Mungkin
untuk yang belum merasakan kuliah akan berfikir
“wah
enak ya yang udah jadi mahasiswa”
“pasti
bisa ketemu cowok – cowok ganteng”
“wah
gila kampusnya keren banget”
Sebagian
besar akan berfikir seperti itu, namun kalau untuk kaum pekerja seperti gue dan
temen – temen gue yang sebagian besar adalah para pekerja pikiran seperti itu
bukanlah pikiran utama, tetapi bagaimana caranya untuk segera lulus ahahahahha.
Seperti
kehidupan perkuliahan gue dimana harus segera kabur menuju kampus tercinta
untuk mengikuti mata kuliah tepat pukul 5 sore. Berhubung pagi harinya gue
kerja mencari nafkah untuk seonggok berlian ahahaha. Pulang kantor tepat pukul
5 sore, tapi kalau kerjaan lagi banyak banget bisa pulang telat dari jam 5 sore
dan akibatnya gue harus segera kabur secepat kilat. Untuk para dosen yang
berbaik hati, mereka akan membiarkan yang telat masuk, celakanya kalau loe
dapat dosen yang gak bisa diajak kompromi dan gue pernah dapet dosen model
kayak gini.
Batas
keterlambatan hanya 30 menit, artinya loe mesti masuk kelas jam 5.30 sore, dan
kalau telat dikit, kelas sudah dikunci dan otomotis loe dianggap tidak hadir
mengikuti perkuliahan. Atau loe bisa masuk kelas dengan syarat merangkum bab
dari modul perkuliahan yang sedang dia ajarakan hari itu, ahahah gila kan..?.
Untungnya selama gue kuliah, cuman dapat 1 dosen model kayak gini, selebihnya
dapat dosen yang semua pada pengertian.
Tapi
itu semua gak berlaku untuk tugas – tugas yang diberikan. Bergadang, gak pulang
kerumah itu adalah asam pahit kehidupan kuliah. Mau dapat nilai bagus, lumayan
atau jelek itu usaha dari masing – masing mahasiswa sendiri. Bergadang hingga
gak pulang kerumah udah gue pernah jalanin, kabur dari satu kampus ke kampus
lain hanya untuk sekedar minta ttd dosen dan konsultasi makalah juga sudah gue
lakukan.
Kalau
dulu waktu sekolah SMP-SMA guru bisa dikejar hingga keruang guru dan para guru
akan berbaik hati menunggu tugas loe, jangan harap dibangku kuliah loe bakalan
dapat hal yang sama. Kalau dosen yang loe mau kejar sudah gak ada dikampus
tempat loe kuliah, itu artinya loe harus mengejar dia kekampus lain, tempat
dimana selanjutnya dia mengajar, ibaratnya kampus loe diwilayah salemba nah
dosen loe itu ada di wilayah fatmawati atau bekasi, mau gak mau loe harus
nguber tuh dosen dia wilayah itu. Jadi jangan kaget, menjadi mahasiswa itu gak
enak atau gak seindah hayalan semata, butuh perjuangan cui kekekekekek.
Itu
kehidupan biasa, nah kalau waktu ujian gimana..? untuk ujian biasanya akan
dimulai tepat pukul 5 sore, paling telat pukul 5.15 sore yang artinya harus
sampai dikampus tepat waktu atau loe gak boleh ikut ujian, nah ini semua
tergantung pengawas ujian, ada yang baik hati dan memaklumi untuk para pekerja
ada juga yang gak mau tahu ckckck.
Gimana
belajarnya kalau paginya kerja dan sorenya kuliah..? semua tergantung dari
masing – masing mahasiswa. Jujur saja kalau gue dan temen – temen pasti akan
belajar, ya walaupun ujung-ujungnya nyontek satu sama lain ahahahha. Itu masih
mending dari pada sok munafik nyontek jawaban selain punya temen dekat loe
ataupun loe buka buku dibawah bangku dan yang lebih canggih, nyontek via BBM
ckckckck. Untuk para mahasiswa yang sudah belajar susah payah dan melihat salah
satu temannya berbuat hal seperti itu, adalah sebuah hal yang gak fair, lain
halnya buat gue dan temen –temen dekat gue, kita sih cuek – cuek aja, selama
gak nyontek jawaban gue dan teman – teman gue wkwkwkw.
Jadi
kalau ujian, gue dan temen – temen deket gue akan membagi tugas. Misalnya si A
belajar dari bab 1-3 , si B belajar dari bab 4-7 dan gue belajar untuk bab 8-10
sebuah kombinasi yang pas dan akurat.
Gue menamakan team gue adalah team sukses. Terbukti dari hasil kerja
team seperti itu nilai mata kuliah akan bagus, nah kalau jelek, gak beda jauh
bakal jelek semua ahahahah. Itu semua tergantung dari si A-B dan gue. Misalnya
gue gak yakin dengan jawaban soal no 5, nah gue bakalan tanya ke si A dan B,
walaupun itu soal adalah soal yang gue pelajari untuk bab pelajaran bagian gue.
Kalau gak yakin ya udah berdasarkan feeling.
Selain
itu temen deket gue sebut aja si A dan B, mereka berdua adalah pekerja tapi
mereka sudah pulang dari jam 4 sore, berbeda dengan gue yang baru pulang jam
4.30 dan perjalanan bisa ditempuh setengah jam lebih. Biasanya gue akan minta
si A atau si B untuk tag tempat duduk buat gue, tapi seperti biasa ada beberapa
mafia yang ingin dekat – dekat dengan kelompok team sukses.
Bukannya
sombong, menanggap diri kami pinter, tapi kami sebagai team sukses tidak
terlalu suka dengan mahasiswa tipe itu, mendekati kami hanya pada saat ujian
berharap mendapatkan jawaban, tapi kalau pas kuliah biasa gak mendekati kami,
jangankan itu hanya sekedar mengobrol dengan kami saja tidak, makanya kami
sebut dnegan mafia aahahahahah.
Biasanya
kalau para mafia itu tidak menyadari bahwa keberadaannya tidak kami harapkan
dan masih saja menyontek jawaban kami dengan tenang, pas kelar ujian kami akan
menyidir habis – habisan hingga membuat mafia malu ahahah (jahat benar).
Ya itulah kehidupan kuliah yang bisa gue
sharing. Tapi inti menjadi mahasiswa itu menyenangka apalagi kalau kuliahnya
pagi, pasti akan lebih banyak waktu untuk berteman dengan mahasiswa jurusan
lain atau mengikuti aktifitas lain, berbeda dengan mahasiswa malam yang rata –
rata pekerja.